Sabtu, 02 Desember 2023

Penggalang Ramu Pangkalan 03.267-03.268 SDN Trans Pendingan Juara Umum II Kemah Akbar Kwarran Muara Lakitan Tahun 2023

Kegiatan Kemah Akbar Kwarran Muara Lakitan Tahun 2023 dilaksanakan pada tanggal 9-11 November 2023 mundur dua minggu dari jadwal semula yang seyogyanya dilaksanakan pada tanggal 20-21 Oktober 2023. Hal itu dikarenakan pada saat itu musim kemarau masih melanda. Cuaca panas masih ekstrim, bahkan terjadi bencana kebakaran lahan di mana-mana khususnya di wilayah kabupaten Musi Rawas. Kabut asap melanda sebagian besar wilayah kabupaten Musi Rawas sehingga Bupati mengeluarkan surat edaran kegiatan pembelajaran dilaksanakan secara daring. Dengan pertimbangan itulah panitia mengambil kebijakan untuk menunda pelaksanaan Kemah Akbar.
Kegiatan Kemah Akbar tersebut mencakup semua golongan pramuka yang ada di wilayah Kwarran Muara Lakitan, mulai dari golongan siaga dengan Pesta Siaga, penggalang ramu (SD), penggalang rakit (SMP), dan penegak (SMA). Jika golongan penggalang dan penegak melaksanakan kegiatan dengan berkemah, kegiatan golongan siaga tidak ikut berkemah. Pesta Siaga dilaksanakan sehari pada hari Jum'at tanggal 10 November 2023. Pangkalan Gugus Depan SDN Trans Pendingan mengirimkan dua barung siaga untuk mengikuti kegiatan Pesta Siaga dan dua regu penggalang untuk mengikuti kegiatan Kemah Akbar. 
Rangkaian kegiatan kemah akbar diisi dengan berbagai macam perlombaan yang di dalamnya mencakpu materi keagamaan, pengetahuan, keterampilan, dan permainan. Perlombaan pada kegiatan Pesta Siaga antara lain Pentas Seni, Mewarnai, Azan (Pa) dan Tartil Surat Pendek (Pa), dan Estafet Gelang Karet. Pada kesempatan ini anak-anak siaga pangkalan SDN Trans Pendingan belum berhasil membawa pulang piala. Meskipun belum berhasil membawa pulang piala namun, apresiasi yang setinggi-tingginya kepada anak-anak yang telah berani tampil berpartisipasi mewakili sekolah.
Jenis perlombaan pada golongan penggalang dan penegak antara lain LKBB, Cerdas Cermat, Azan (Pa) dan Tartil Surat Pendek (Pi) bagi penggalang Ceramah Agama bagi penegak, Hasta Karya, Pionering, Semaphore, Permainan  Besar, Hiking, dan Karnaval. Pada kesempatan kali ini adik-adik penggalang pangkalan gudep SDN Trans Pendingan berhasil membawa pulang beberapa piala, di antaranya Juara I Cerdas Cermat, Juara I Keagamaan Putri, Juara I Permainan Beregu, Juara II Keagamaan Putra, dan Juara III LKBB Putri. Dengan hasil terebut, adik-adik penggalang SDN Trans Pendingan juga berhak membawa pulang Juara Umum II pada kegiatan Kemah Akbar Tahun 2023 ini.
Kamabigus pangkalan SDN Trans Pendingan berpesan kepada adik-adik penggalang dan para pembina hendaknya jangan cepat berpuas diri dengan prestasi yang sudah diraih namun, hal prestasi tersebut dijadikan sebagai titik awal untuk meraih prestasi-prestasi yang lain baik dalam bidang kepramukaan ataupun bidang yang lain sehingga akan dapat mengangkat nama baik sekolah. Selamat dan sukses selalu untuk Gerakan Pramuka Pangkalan Gugus Depan SDN Trans Pendingan.

2 komentar:

  1. Selamat kepada Gudep Pangkalan SDN Pendingan dan juga kepada para Pembina di dalamnya. Salam Pramuka!

    BalasHapus

Refleksi Intervensi Program Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Beston Palembang pada tanggal 3-5 Desember 2023. Pengalaman tersendiri tentunya bisa ikut men...