Sabtu, 12 September 2020

Kelas 6 Tema 3 Sub Tema 1 Pembelajaran 1

Muatan Pelajaran : Bahasa Indonesia, IPA, IPS


Assalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Apa kabar anak-anak semua, jumpa lagi dengan Pak Irun. Semoga kalian senantiasa dalam keadaan sehat wal afiat, aamiin. Anak-anak yang smart, dampak dari pandemi Covid-19 yang masih kita rasakan saat ini adalah pembelajaran yang belum bisa dilaksanakan secara maksimal. Oleh karena itu, salah satu media yang bisa kita gunakan dalam belajar adalah media Blogger ini. Dengan begitu kalian bisa belajar tentang materi pelajaran sekaligus bisa mendalami keterampilan menggunakan teknologi informasi, yang mana saat ini kita berada pada era digital yang membuat seolah-olah dunia ini tanpa batas.

Pada kesempatan kali ini kita akan mempelajari materi Tema 3 Tokoh dan Penemuan, Sub Tema 1 Penemu yang Mengubah Dunia, Pembelajaran 1.

Setelah mempelajari materi ini diharapkan kalian mampu :

1. Menyebutkan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia.

2. Mempresentasikan informasi penting dari teks eksplanasi yang dibaca tentang penemu yang mengubah dunia dengan peta pikiran yang tepat.

3. Mengidentifikasi komponen-komponen listrik dan fungsinya dalam rangkaian listrik. 

4. Menyajikan hasil pengamatan tentang komponen-komponen listrik dalam rangkaian listrik sederhana dan fungsinya.

5. Mengidentifikasi perubahan sosial budaya dalam kehidupan masyarakat atas ditemukannya listrik.

6. Melaporkan perubahan sosial budaya masyarakat dengan ditemukannya listrik dalam bentuk peta pikiran yang sistematis.


Ayo Membaca

Anak-anak yang baik hati, coba hidupkan saklar dan perhatikan lampu yang ada di sekitar kalian, lalu apa yang terjadi? Mengapa lampu tersebut bisa menyala? Tahukah kalian siapa yang menemukan listrik? Untuk meningkatkan pemahaman kalian, bacalah baik-baik teks bacaan berikut ini!


Setelah membaca teks bacaan tersebut, jawablah pertanyaan berikut ini!

• Paragraf 1: Apa topik masalah yang akan disampaikan oleh penulis?

• Paragraf 2:

a. Apa yang kamu ketahui tentang arus listrik?

b. Bagaimana proses perjalanan arus listrik dari pusat pembangkit hingga sampai di rumah penduduk? Jelaskan secara berurutan!

• Paragraf 3:

a. Apa yang terjadi dengan arus listrik saat tiba di rumah warga? Jelaskan secara berurutan!

b. Apa manfaat arus listrik setelah sampai ke setiap rumah warga?

c. Apa perbedaan rangkaian listrik seri dan paralel?

• Paragraf 4:

Apa kesimpulan dari isi teks tersebut?

• Paragraf 5:

Adakah pesan yang disampaikan oleh penulis? Jelaskan dengan singkat!

Tuliskan jawaban kalian pada buku latihan kalian!


Ayo Berdiskusi

Selanjutnya coba bongkar dan perhatikan lampu senter yang sudah kalian siapkan! Apakah bagian-bagian senter tersebut sama seperti pada gambar berikut?

Kenali setiap bagian komponen tersebut kemudian tuliskan dalam tabel berikut beserta fungsinya!


Jika komponen-komponen utama tersebut dirangkaikan untuk membuatnya kembali menyala, maka akan tampak seperti berikut.

Jika kepala senter dibongkar, kemudian dirangkaikan kembali hanya dengan menggunakan lampu, maka akan tampak seperti berikut.

Amati rangkaian listrik sederhana pada lampu senter tersebut dengan teliti! 

1. Bagaimana posisi lempengan logam untuk membuat lampu menyala?

2. Apa komponen yang sebaiknya digunakan untuk mengganti lempengan logam tersebut, yang biasanya terdapat pada rangkaian lampu di rumah?

Tuliskan proses perjalanan arus listrik pada rangkaian listrik senter tersebut secara rinci dan berurutan di buku latiha kalian!


Ayo Mengamati

Perhatikan bola lampu yang terdapat di sekitar kalian dan nyalakan lampu tersebut! Menurut kalian, apa perbedaan antara masa sebelum ada listrik dan setelah ada listrik?

Kemudian amati lingkungan sekitar kalian!

Temukan sebanyak mungkin pengaruh listrik dalam kehidupan di bidang sosial dan budaya di  lingkungan tempat tinggal kalian! Kalian dapat  melakukan wawancara dengan orang tua atau masyarakat disekitar kalian. 

Tuliskan hasil pengamatan kalian pada buku latihan!

Demikianlah anak-anak materi pelajaran kali ini. Bapak harap kalian bisa mengikuti dan menerima materi ini dengan baik. Jika ada materi yang belum paham silahkan ditanyakan melalui grup WA kelas 6, nanti kita bahas bersama di grup tersebut. Sampai jumpa lagi pada pertemuan mendatang, dan tetap jaga kesehatan kalian.

Wassalamu'alaikum warohmatullahi wabarokatuh.

Refleksi Intervensi Program Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Beston Palembang pada tanggal 3-5 Desember 2023. Pengalaman tersendiri tentunya bisa ikut men...