Kamis, 08 April 2021

Apresiasi sebagai Motivasi



Sumber foto : https://saintif.com/apresiasi-adalah/

Saat itu tanggal 1 April 2021 saya mendapat undangan teman FK-KKG untuk mengikuti rapat koordinasi kegiatan yang diagendakan oleh FK-KKG. Kegiatan rapat diagendakan mulai pukul 19.30, namun karena kondisi cuaca yang kurang bagus saya baru bisa masuk zoom meeting dan mengikutinya pukul 20 lewat itupun sering terlempar keluar masuk ruang zoom. Karena saya tidak termasuk ke dalam susunan panitianya maka saya hanya menyimak saja. Kegiatan rapat berjalan dengan lancar meskipun ada beberapa teman panitia yang berhalangan hadir. Rapat selesai pada pukul 22 lewat.

Selesai mengikuti rapat koordinasi tadi saya sempatkan melanjutkan menulis resume materi dari narasumber Pelatihan Menulis Bersama Om Jay Gelombang 17. Saat itu tema materi yang saya tulis resumenya adalah tentang "Motivasi Berprestasi: Menulis Semudah Ceplok Telur" disampaikan oleh Narasumber dari NTT Ibu Dra. Lilis Ika Herpianti Sutikno, S.H. Resume materi selengkapnya dapat dilihat di https://pakiroen.blogspot.com/2021/04/motivasi-berprestasi.html

Tanpa terasa saya menulis resume tersebut hingga pukul 01.00 pagi lewat. Di akhir paparan materi, beliau memberi chalenge kepada para peserta untuk menulis resume materi beliau di blog kemudian diposting di akun facebook dan dishare ke akun facebook dan ke email pribadi beliau. Chalenge tersebut ditunggu sampai tanggal 7 April 2021. Iseng-iseng saya posting resume saya tersebut ke akun facebook saya dan saya share ke akun facebook beliau yang sebelumnya sudah saya telusuri di pencarian facebook. Sebagai peserta yang baru belajar menulis tentunya saya tidak berharap untuk memenangkan chalenge dari beliau. Motivasi saya saat itu, saya hanya ingin membagikan apa yang sudah saya tulis.

Pagi harinya, tanggal 2 April 2021 saya baru membuka HP sekitar pukul setengah delapan, mendapat kiriman gambar screenshoot dari teman seperti berikut ini.


Saya tanya gambar apaan itu? Kemudian saya amati gambar screenshoot tersebut, ternyata kolom komentar di blog saya. Disitu saya lihat komentar paling atas adalah komentar dari sang narasumber Ibu Lilis Sutikno, dan komentar di bawahnya dari senior saya Pak D Sus, serta dari satu rekan guru saya satu kecamatan. Karena penasaran saya pun membuka akun facebook saya, dan ternyata benar resume saya di blog telah dikomentari oleh beliau-beliau.

Saya masih belum yakin karena batas akhir chalenge masih tanggal 7 April. Karena masih penasaran saya melihat postingan sayatersebut telah dibagikan di akun facebook beliau.


Selain itu, pada siang harinya saya juga mendapat inbok dari beliau melalui email, yang mana beliau meminta saya untuk mengirimkan alamat lengkap.


Sungguh perasaan saya sangat gembira pada saat menerima kabar itu. Sebagai penulis pemula yang masih belajar menulis mendapatkan apresiasi dari narasumber langsung. Hal ini pun semakin meningkatkan motivasi saya untuk selalu menulis. Terimakasih yang tak terhingga kepada Ibu Lilis Sutikno yang telah mengapresiasi hasil tulisan saya, membuat resume materi yang telah beliau sampaikan.


#salamliterasi

#salamsehat

#salamlagerunak


2 komentar:

Refleksi Intervensi Program Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Beston Palembang pada tanggal 3-5 Desember 2023. Pengalaman tersendiri tentunya bisa ikut men...