Jumat, 04 Juni 2021

Kiat Praktis Sukses Menulis

"Kak ada paket di rainbow, aku tadi lupa bawanya". Sore itu aku mendapat chat WA dari adik iparku. 
"Paket apa?", pikirku dalam hati. Rasanya aku nggak pernah pesan barang atau pun berbelanja di toko online.

Esok sorenya, ketika adik iparku pulang kerja, dia memberikan sebungkus paket yang telah diterima tanggal 2 Juni 2021 kemarin. Aku lihat sampul berwarna cokelat. Tertulis pengirimnya dari Penerbit Gemala. 

Perlahan kubuka sampul berwarna cokelat itu. Ternyata isinya dua buah buku berjudul "KIAT PRAKTIS SUKSES MENULIS". Buku solo perdanaku yang berisi kumpulan resume materi Menulis Bersama Om Jay. Aku mengikuti kelas Menulis Bersama Om Jay di gelombang 16, namun baru bisa menyelesaikan resume untuk diterbitkan menjadi buku pada gelombang 17.

Aku tidak menyangka jika proses penerbitan buku ini sangat cepat. Ini pun sempat terhambat karena kesalahanku. Seharusnya sebelum mengirimkan naskah yang siap cetak ke penerbit, terlebih dahulu harus sudah melalui proses editing oleh editor. Namun karena kekurang tahuanku, naskah kumpulan resume yang belum melalui proses editing langsung kukirimkan ke penerbit. Dalam hal ini aku memilih Penerbit Gemala melalui Pak Brian.

Setelah aku kirimkan naskah dan biaya penerbitannya, ternyata langsung direspon oleh Penerbit Gemala. Beberapa hari kemudian Penerbit Gemala melalui Pak Brian mengembalikan layout naskah bukuku untuk dicek lagi apabila masih ada yang perlu direvisi. Pada proses inilah aku meminta tolong kepada Pak Susanto, S.Pd (Pak D Sus) untuk menjadi editor sekaligus menelaah naskah bukuku.

Proses penerbitan buku ini sangat cepat. Tidak sampai dua bulan dari awal pengiriman naskah (tanggal 12 April 2021), buku sudah terbit dan siap di tangan (tanggal 2 Juni 2021). Tentu saja hal ini membuatku merasa senang dan semakin termotivasi untuk berkarya melalui tulisan lagi.  

14 komentar:

  1. Barakallah, semoga lahir karya-karya berikutnya.

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, terimakasih Bu...🙏🙏

    BalasHapus
  3. Selamat Pak Iroen.. ikut senang. Semoga segera lahir karya2 selanjutnya..

    BalasHapus
  4. Selain ya Pak Iroen ....lanjut pak buku berikutnya. Semoga semangat pak menalar kepada banyak orang . Salam literasi .. salam sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih Pak...salam literasi..🙏🙏

      Hapus
  5. Selamat Pak
    Semoga menjadi penyemangat untuk terus berliterasi

    BalasHapus

Refleksi Intervensi Program Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Beston Palembang pada tanggal 3-5 Desember 2023. Pengalaman tersendiri tentunya bisa ikut men...