Kamis, 08 April 2021

Guru Profesiku


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia disebutkan bahwa gu.ru (n) adalah orang yang pekerjaannya (mata pencahariannya, profesinya) mengajar. Dalam bahasa Jawa, guru diakronimkan sebagai digugu dan ditiru, sehingga guru dituntut untuk memiliki atitude yang baik dimata murid-muridnya.

Saya sangat bersyukur dikaruniai pekerjaan sebagai seorang guru. Sebenarnya cita-cita saya sewaktu masih duduk di bangku sekolah adalah menjadi pegawai bank atau pegawai kantoran yang jika dilihat dari penampilannya sangat rapih, duduk manis di belakang meja dan tidak berinteraksi dengan banyak orang. Oleh karenanya setelah lulus dari bangku SLTA saya melanjutkan studi mengambil jurusan administrasi perkantoran. Namun nasib berkata lain. Setelah melamar pekerjaan ke sana ke mari, saya diterima bekerja di sebuah perusahaan kelapa sawit dan ditempatkan sebagai staf tata usaha di sekolah yayasan perusahaan tersebut.

Setahun menjadi staf tata usaha, karena di sekolah tersebut masih kekurangan tenaga pengajar saya diminta mengajar mata pelajaran seni budaya kelas 3-6 SD. Kebetulan di yayasan tersebut terdapat dua jenjang sekolah yaitu tingkat SD dan SMP. Tahun berikutnya, karena sudah ada tambahan tenaga tata usaha dari kantor perusahaan maka saya ditarik sepenuhnya untuk mengajar di SD. 

Untuk mendukung pekerjaan sebagai guru, ketika ada kesempatan untuk mengikuti pendidikan guru jenjang Diploma dua tidak saya sia-siakan kesempatan itu. Selain untuk menunjang jenjang karir, terlebih juga karena saya ingin memperdalam ilmu keguruan. Puji syukur alhamdulillah meski dengan perjuangan yang sangat berat, pendidikan diploma bisa selesai tepat waktu. 

Tahun pertama setelah kelulusan saya dari pendidikan guru, saya mengikuti tes penerimaan CPNS namun belum beruntung. Tahun berikutnya saya mengikuti tes penerimaan CPNS lagi dan alhamdulillah saya lulus tes tersebut. Setahun kemudian saya mendapatkan bea siswa dari pemerintah untuk melanjutkan pendidikan strata dengan jurusan yang sama, Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Hal itu sangat mendukung saya ketika peraturan pemerintah terbit, yaitu tentang pendidikan minimal guru sekolah dasar adalah S1.

Profesi guru bagi saya merupakan anugerah yang luar biasa dari Allah yang harus saya syukuri. Dengan profesi sebagai guru inilah saya bisa seperti sekarang ini. Semoga saya senantiasa diberi kesehatan, kekuatan, dan kesabaran untuk bisa terus memberikan pendidikan kepada anak-anak didik saya. Aamiin.

4 komentar:

  1. Yap, guru juga sebenarnya profesi yang saya inginkan. Hanya karena satu dua hal, terpaksa saya dulu memilih jalan yang lain. Tidak saya sesali, tetapi kenyataannya dulu saya sempat bercita-cita menjadi seorang guru.

    Selamat mas, semoga semuanya membawa keberkahan bagi keluarga dan juga siswa yang mas ajar...Met berjuang

    BalasHapus
  2. Saya dulu malah tidak pernah membayangkan bakal jadi guru. Saya dulu membayangkan kerja di lab dan meneliti atau profesi lain yang tidak mengharuskan saya banyak bertemu dan berinteraksi dengan orang banyak. Namun kenyataan berkata lain, sekarang sebisa mungkin memberikan pelayanan terbaik untuk siswa-siswa saya.

    Mantap, Pak Iroen berkah dan sukses selalu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin...terimakasih Bu Pipit, apapun profesi kita sudah selayaknya kita jalani dengan penuh tanggung jawab. Semangat selalu Buu..

      Hapus

Refleksi Intervensi Program Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Beston Palembang pada tanggal 3-5 Desember 2023. Pengalaman tersendiri tentunya bisa ikut men...