Sabtu, 30 Januari 2021

Merpati vs Dara

Pagi ini ketika semua orang tengah disibukkan dengan pekerjaan masing-masing seperti biasanya ada yang masak, menjemur cucian, ngepel lantai, dan saya sendiri sibuk ngasuh kedua buah hati saya plus satu keponakan buah hati adik ipar. Waaaahhh...rame sekali yaaa rumahnya? Iya, karena kami memang lagi berkumpul di tempat mertua, selain sebagai kewajiban seorang anak menjenguk orang tua juga sekalian ada keperluan belanja barang-barang ATK sedikit. 

Disaat kami tengah sibuk masing-masing, tiba-tiba ada seekor burung masuk ke rumah bagian belakang. Kontan Bundanya anak-anak memanggil anak-anak untuk melihatnya. Karena agak jinak, dapat ditangkaplah burung tersebut dan dimasukkan ke dalam keranjang plastik yang biasa dipakai untuk wadah jemuran kering. Melihat burung tersebut anak-anak bertanya kegirangan. "Yah, ini burung apa?" tanya putri sulung saya dengan logat anak-anaknya. "Pakde, ini burung apa?" tak mau ketinggalan pula sang keponakan pun ikut bertanya. "Burung Dara." jawab saya. Tak mau ketinggalan Bundanya anak-anak pun ikut menjawab "burung Merpati." Merasa jawaban kami berbeda saya pun bertanya, "Bukannya burung merpati tu yang berwarna putih agak kecil itu?" Tantenya yang dari tadi juga menyimak obrolan kami menimpali sambil ngepel, "Bukannya burung Dara itu ya burung Merpati? Burung Merpati itu bahasa Indonesia dari burung Dara." katanya.


Merasa tidak puas dan penasaran dengan obrolan kami, saya pun mengambil HP dan googling. Setelah saya ketikkan "Merpati" di kolom pencarian google, keluarlah bermacam devinisi merpati. Disitu terdapat satu uraian yang menjelaskan bahwa burung Merpati itu juga burung Dara. Jadi burung Dara nama lain (sinonim) dari burung Merpati. Oooo ternyata Merpati = Dara. 






10 komentar:

  1. Hahaha... keren Pak Nas, dari satu peristiwa kecil saja jd menarik..

    BalasHapus
  2. Saya pernah pelihara burung dara.
    Banyak sekali, namun pada tahun 2006 musibah banjir merenggut mereka semua (Mati kebanjiran)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turut bersedih Pak...nanti pelihara lagi ya Pak..

      Hapus
  3. Dara manis nan ayu siap disunting jejaka kaya.

    BalasHapus

Refleksi Intervensi Program Pemulihan dan Transformasi Pembelajaran Melalui Pemanfaatan Buku Bacaan Bermutu

Kegiatan ini dilaksanakan di Hotel Beston Palembang pada tanggal 3-5 Desember 2023. Pengalaman tersendiri tentunya bisa ikut men...